Penerapan Digital Marketing Usaha Gerabah Tanah Liat Pada BUMDES Sebagai Upaya Percepatan Pencapaian SDGS Desa Mayong Lor

Authors

  • Nailil Muna Universitas Al Hikmah Jepara
  • Er Melinda Swissa Universitas Al Hikmah

Keywords:

Digital Marketing, SDGS, Bumdes

Abstract

BUMDES merupakan salah satu program pemerintah untuk pemberdayaan dan kemajuan ekonomi lokal. Tantangan terbesar BUMDES adalah terbatasnya pengembangan usaha dan penguatan manajemen. Permasalahan objek pengabdian ini adalah kurangnya pemahaman mitra terkait manajemen usaha dan strategi pemasaran digital. Pelaku bisnis belum memahami urgensi manajemen bisnis digital dalam jangka panjang. Tujuan kegiatan pengabdian kepada Masyarakat ini adalah untuk meningkatkan penjualan produk unggulan desa menampu melalui BUMDES Mayong Lor dengan meningkatkan pemahaman terkait manajemen bisnis digital sebagai upaya percepatan pencapaian SDGs Desa. Metode pelaksanaan menggunakan pendekatan sosialisasi dan pelatihan. Hasil pengabdian kepada Masyarakat ini adalah adanya peningkatan pengetahuan dan kemampuan pelaku bisnis di bawah naungan Bumdes Mayong Lor terkait digital marketing.

Downloads

Published

2024-06-13